Apa gejala demam berdarah pada anak?

By | March 6, 2017

Info-herbal.com – Penyakit demam berdarah atau biasa disingkat dengan DBD merupakan salah satu penyakit yang tergolong berbahaya terutama bagi anak-anak. Penyakit demam berdarah disebabkan oleh suatu virus dengue yang ditularkan melalui gigitan nyamuk. Penyakit demam berdarah ini biasanya menyebabkan terjadinya demam pada anak, sakit kepala, ruam dan juga merasa nyeri di seluruh tubuh. Meskipun penyakit demam berdarah ini berbahaya akan tetapi sebagian besar penderita penyakit demam berdarah ringan dapat sembuh dengan sendirinya dalam waktu beberapa minggu, akan tetapi tidak halnya apabila penyakitnya tergolong parah, jadi alangkah lebih baiknya apabila anak anda mengalami demam berdarah segeralah diobati dengan membawanya ke puskesmas terdekat agar segera mendapatkan penanganan dengan cepat. Demam berdarah merupakan salah satu jenis penyakit yang perlu pengamatan yang teliti, karena penyakit ini biasanya menyerang dengan tiba-tiba sehingga terkadang sulit untuk dideteksi sejak dini. Nah, apa gejala demam berdarah pada anak? agar kita bisa mendeteksi sejak dini penyakit demam berdarah ini, berikut ini beberapa gejala umum yang terjadi pada anak penderita demam berdarah mudah-mudahan bisa dijadikan sebagai dasar dalam menyimpulkan apakah anak anda terkena demam berdarah ataukah tidak.

Gejala dari penyakit demam berdarah pada anak biasanya tidak nampak dengan jelas, banyak anak-anak dengan demam berdarah tidak menampakkan gejalanya, bahkan beberapa anak memiliki gejala ringan muncul kapan saja dari empat hari sampai dua minggu setelah digigit oleh nyamuk yang terinfeksi virus. Biasanya gejala Demam Berdarah berlangsung selama dua sampai tujuh hari.

Gejala Umum Demam berdarah pada anak Demam

Gejala demam berdarah pada anak yang pertama yang paling umum adalah terjadinya demam. Akan tetapi tidak semua demam dapat kita simpulkan mengalami serangan demam berdarah. Bisa juga gejala demam sebagai gejala beberapa penyakit lainnya seperti tifus, influenza, malaria dan campak. Yang dapat kita bedakan pada demam berdarah adalah demam pada anak yang menderita demam berdarah umumnya ditandai dengan suhu badan yang tinggi terus menerus selama tiga hari, sehingga pemeriksaan dokter dapat membantu dalam menentukan penyebab terjadinya demam.

Gejala Umum Demam berdarah pada anak Mual dan sakit perut

Gejala berikutnya adalah mual dan sakit perut. Nah, apabila Anak anda mengalami demam selama tiga hari berturut-turut bahkan tidak membaik disertai dengan mual, muntah dan juga sakit perut. Beberapa anak kehilangan nafsu makan, maka segeralah cek ke dokter terdekat untuk mendapatkan kepastian dan penanganan secepatnya.

Gejala Umum Demam berdarah pada anak adalah mengalami pendarahan

Selain perut mual dan sakit perut gejala lainnya adalah anak biasanya mengalami pendarahan seperti mimisan, gusi berdarah, atau juga berupa bintik-bintik merah di badan. Pada kasus lainnya bahkan ada yang mengalami muntah dan buang air besar berdarah. Kondisi pendarahan ini yang dialami oleh anak yaitu ketika trombosit sudah cukup rendah.

Anak mengalami sakit kepala dan lesu

Gejala lainnya yang timbul adalah Anak yang demam seringkali mengalami sakit kepala dan lesu sebaiknya segera dibawa ke dokter untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut. Dengan melakukan test darah dapat diketahui penyebab anak sakit.

Nah, itulah beberapa gejala umum penyakit demam berdarah pada anak mudah-mudahan bermanfaat bagi pembaca, apabila anak anda mengalami hal-hal seperti di atas, alangkah baiknya segeralah melakukan pemeriksaan ke dokter secepatnya untuk memastikan dan untuk mendapatkan penanganan dengan tepat.

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.