Cara mencegah diabetes melitus

By | September 13, 2013

cara mencegah diabetes melitusCara mencegah diabetes melitus – Diabetes melitus merupakan salah satu penyakit yang berbahaya yang kehadirannya sering tidak disadari oleh penderitanya.  Sebagian besar dari kita tidak dapat mendiagnosa apakah kadar gula darah dalam tubuh kita normal atau tidak, kecuali melakukan tes secara medis. Banyak pula orang yang tidak paham apa saja gejala-gejala diabetes melitus yang harus diwaspadai sebelum penyakit tersebut. Dalam kehidupan sehari-hari setiap orang pasti memiliki kebiasaan rutin yang dilakukan hampir setiap hari, namun terkadang tanpa sadar kebiasaan itu bisa menjadi sebuah penyakit karna dilakukan terus-menerus dan selama bertahun-tahun lamanya. Salah satu cara yang efektif dalam mencegah penyakit diabetes melitus adalah dengan menghindari kebiasaan-kebiasaan buruk yang dapat menyebabkan diabetes melitus muncul. Nah, berikut ini beberapa tips cara mencegah diabetes melitus dengan melaksanakan pola hidup yang teratur.

Cara mencegah diabetes melitus yang pertama adalah dengan melakukan pencegahan primer.  Pencegahan primer adalah suatu upaya yang ditujukan pada orang-orang yang termasuk kelompok beresiko tinggi, yakni mereka yang belum menderita diabetes melitus, tetapi berpotensi untuk menderita diabetes melitus. Pencegahan ini merupakan suatu cara yang sangat sulit karena yang menjadi sasarannya adalah orang-orang yang belum sakit artinya mereka masih sehat sehingga cakupannya menjadi sangat luas. Pola hidup sehat yaitu dengan melakukan pola hidup yang baik dan teratur seperti makan-makanan sehat dengan pola tradisional yang mengandung lemak rendah atau pola makan seimbang, menjaga berat badan agar tidak gemuk dengan olah raga secara teratur. Cara tersebut merupakan alternatif terbaik dalam cara mencegah diabetes melitus. Hal ini merupakan salah satu upaya pencegahan primer yang sangat murah dan efektif.

Cara mencegah diabetes melitus yang berikutnya adalah dengan melakukan Pencegahan Sekunder. Pencegahan sekunder adalah upaya pencegahan atau menghambat timbulnya komplikasi dengan deteksi dini dan memberikan pengobatan sejak awal penyakit. Deteksi dini penyakit diabetes melitus dilakukan dengan tes penyaringan terutama pada populasi resiko tinggi. Pada pencegahan sekunder seperti; Diet sehari-hari harus seimbang dan sehat, Menjaga berat badan agar tetap dalam batas normal, bila terlanjur melebihi normal usahakan untuk menurunkan berat badan kembali. Pantau gula darah harian anda dan Olahraga teratur sesuai dengan kemampuan fisik dan usia anda.

Cara mencegah diabetes melitus yang berikutnya adalah dengan melakukan Pencegahan Tertier. Pencegahan penyakit diabetes secara tersier bertujuan untuk mencegah kecacatan lebih lanjut dari komplikasi penyakit yang sudah terjadi, diantaranya: Mencegah timbulnya komplikasi. Mencegah berlanjutnya komplikasi untuk tidak terjadi kegagalan organ. dan juga Mencegah terjadinya kecacatan oleh karena kegagalan organ atau jaringan. Dalam upaya ini diperlukan kerja sama yang baik antara pasien dan dokter maupun antara dokter ahli diabetes dengan dokter-dokter yang terkait dengan komplikasinya. Selain itu anda juga bisa sambil konsumsi obat alami diabetes melitus ekstrak teripang yang terbukti efektif dalam mengatasi diabetes melitus secara alami dan tanpa efek samping negatif, untuk lebih jelas mengenai ekstrak teripang silahkan klik Obat alami penyakit diabetes melitus

Kata kunci pencarian :

pencegahan diabetes melituspenanganan diabetes melitus, , 
Share