Daftar makanan penambah darah

By | December 27, 2015

makanan penambah darahInfoHerbal – Apakah Anda mengalami gejala kurang darah atau disebut juga dengan anemia? berikut ini beberapa daftar makanan yang bisa kita gunakan sebagai penambah darah rendah atau anemia. Kurang darah merupakan kondisi ketika tubuh tidak memiliki sel darah merah yang cukup untuk membawa oksigen ke seluruh tubuh, sel darah merah tersebut mengandung hemoglobin yang berperan untuk mengikat dan membawa oksigen dari paru-paru mengantarkannya ke seluruh jaringan tubuh. Pada kondisi seperti ini, sel-sel tubuh tidak akan mendapatkan asupan oksigen yang cukup untuk menjalankan fungsinya secara normal. Berikut ini beberapa daftar makanan penambah darah yang bisa dikonsumsi untuk mengatasi anemia.

Buah Jeruk dan Apel (Vitamin C tinggi)

Daftar makanan penambah darah yang pertama adalah buah jeruk. Buah jeruk mengandung vitamin C tinggi dan baik sekali untuk mengatasi kekurangan darah merah atau anemia. Untuk itu apabila anda mengalami kekurangan darah, konsumsilah buah yang mengandung vitamin C tinggi seperti Jeruk, melon, mangga dan lainnya. Selain buah jeruk, makanan penambah darah lainnya seperti buah apel, buah apel juga mengandung vitamin C tinggi jadi cukup efektif dikonsumsi secara rutin untuk mengatasi kekurangan darah.

Buah Tomat

Tomat merupakan salah satu buah yang mudah sekali kita temukan. Semua orang tentu sudah tidak asing dengan buah berwarna merah ini. Buah tomat dapat dimakan secara langsung ataupun ditambahkan pada aneka masakan favorit Anda. Tomat mengandung vitamin vitamin cukup lengkap yaitu Vitamin A dan C, jadi bisa dijadikan alternatif pengobatan untuk mengatasi kurang darah. Selain tomat ada juga buah pepaya, buah pepaya biasa digunakan untuk memperlancar BAB atau buang air besar, akan tetapi buah ini juga bisa kita gunakan untuk mengatasi kurang darah karena mengandung vitamin C dan asam folat. Selain itu ada juga strawbery yang mempunyai kandungan vitamin c dan asam folat tinggi juga.

Sayuran kacang (Kandungan zat besi)

Selain jenis buah-buahan di atas, daftar makanan penambah darah lainnya adalah jenis sayuran seperti kacang. Kacang mengandung zat besi yang baik sekali untuk mengatasi kekurangan darah atau anemia, bagi anda penderita anemia konsumsilah beberapa jenis kacang berikut yaitu kacang hijau, kacang polong kering dan juga jenis kacang almond.

Daging merah

Makanan lainnya adalah daging merah, yang termasuk ke dalam kelompok daging merah seperti daging kerbau, sapi, kambing dan domba. Pada daging merah mengandung kolesterol tinggi sehingga baik sekali untuk dijadikan daftar makanan penambah darah.

Jenis makanan laut

Selain jenis daging, makanan penambah darah lainnya yaitu sumber makanan yang berasal dari laut, seperti ikan salmon, ikan baronang, udang, dan juga kerang sangat baik sekali dikonsumsi untuk penambah darah.

Nah, itulah beberapa daftar makanan penambah darah atau penyakit anemia, pada dasarnya banyak sekali makanan lainnya yang bisa kita konsumsi untuk menambah darah, akan tetapi kita bisa mencoba dari beberapa saja daftar makanan yang mudah kita dapatkan di sekitar kita. Jagalah selalu pola makan Anda tetap sehat, karena sebagian penyakit disebabkan oleh pola makan kita yang kurang baik. Semoga bermanfaat.

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.