Dampak diabetes gestasiol pada bayi

By | October 1, 2015

Dampak diabetes gestasiol pada bayi – Selama ini kebanyakan orang mungkin hanya mengenal dua type dari penyakit Diabetes, yaitu Diabetes type 1 dan diabetes type 2. Nah, ternyata ada satu lagi type Diabetes yang biasanya menyerang ibu hamil yaitu type gestasiol yang tentu saja harus kita waspadai, karena bisa terjadi berbagai resiko yang fatal yang dapat mempengaruhi perkembangan /pertumbuhan  janin, baik selama masih dalam kandungan maupun setelah dilahirkan, dan dapat mengancam kehidupan janin kedepannya. Untuk itu perlu kiranya diberikan penatalaksaaan yang baik terhadap ibu hamil dengan Diabetes Melitus,  supaya tidak lagi terjadi berbagai komplikasi-komplikasi yang tidak diinginkan.

Diabetes Mellitus Gestasional (DMG) biasa didefinisikan sebagai gangguan toleransi glukosa berbagai tingkat yang diketahui pertama kali saat  keadaan hamil. Biasanya  pada kehamilan trimester pertama kadar glukosa akan turun antara 55-65% dan hal ini merupakan respon terhadap transportasi glukosa dari ibu ke janin. Diabetes Gestational terjadi pada kehamilan normal yang disertai dengan peningkatan insulin resistance (ibu hamil gagal mempertahankan euglycemia).

Lebih sederhananya Diabetes Gestasional adalah suatu kondisi medis yang ditandai dengan peningkatan gula darah tinggi yang menetap sewaktu kehamilan pada wanita yang sebelumnya tidak pernah memiliki riwayat/menderita diabetes. Pada orang normal, kadar gula darah diatur oleh suatu hormon, insulin, yang membuat glukosa di dalam aliran darah dapat masuk ke dalam sel. Namun, sewaktu hamil, tubuh wanita memproduksi lebih banyak hormon, seperti progesteron dan estrogen, yang menyebabkan tubuh menjadi resisten terhadap kerja dari insulin. Oleh karena itu, glukosa tidak dapat lagi masuk ke dalam sel dan kadar glukosa dalam darah tetap tinggi. Hal ini menyebabkan lebih banyak glukosa yang mengalir ke janin dalam menyediakan nutrisi yang diperlukan untuk pertumbuhan.pada ibu hamil Biasanya tubuh akan memproduksi lebih banyak insulin untuk mengatasi peningkatan kadar glukosa di dalam darah.

Dampak diabetes gestasiol pada bayi

Berikut ini beberapa dampak yang ditimbulkan dari penyakit diabetes gestasiol pada wanita hamil diantaranya :

  • Kematian hasil konsepsi dalam kehamilan muda mengakibatkan abortus.
  • Janin over weight terutama pada tubuh bagian atas, dan ini bisa memicu kondisi makrosomia (janin besar, yaitu kondisi janin dengan berat di atas 4000 gram sehingga menyebabkan kemungkinan terjadinya distosia bahu dan persalinan tidak berlangsung sesuai dengan seharusnya.)
  • Cacat bawaan
  • Dismaturitas
  • Hipoglikemi atau kadar gula darah rendah karena produksi insulin ekstra dalam tubuh masih berjalan seperti saat masih di dalam kandungan
  • Kematian dalam kandungan (Intra Uterin Fetal Death)
  • Kematian neonatal. Di klinik yang maju sekalipun angka kematian dilaporkan berkisar antara 3-5 %.
  • Kelainan neurologik dan psikologik dikemudian hari.

Tips mencegah penyakit diabetes gestasol pada wanita hamil

Untuk para ibu hamil sebaiknya mulai mengatur/membiasakan pola makan sehat, berolahraga rutin dapat membantu tubuh membakar lebih banyak glukosa tanpa tambahan insulin, melakukan suntikan insulin merupakan salah satu pengobatan bagi penderita penyakit DMG untuk mengontrol kadar gula darahnya atau jika perlu menggunakan obat/suplemen tentunya tidak semua obat-obatan/suplemen baik untuk ibu hamil dari itu untuk mengkonsumsi obat-obatan ini harus benar-benar berada dalam pengawasan/saran dokter. Selain itu, yang paling utama adalah  merawat diri Anda selama proses kehamilan dapat menjadi awal yang sehat untuk bayi/janin Anda. Berikut tips atau cara mencegah/menanggulangi diabetes gestasional :

  • Konsumsi makanan yang kaya akan serat. perbanyaklah mengonsumsi makanan sehat yang kaya akan serat, seperti buah-buahan segar dan sayur-sayuran serta diimbangi dengan minum air putih yang cukup.
  • Hindari /batasi makanan yang berlemak, Asin, dan Manis
  • Biasakan untuk makan dalam porsi yang tidak terlalu besar/banyak ,terutama ketika trisemester ketiga kehamilan agar berat badan tidak bertambah, akan tetapi ibu hamil tidak boleh sampai kekurangan makanan.
  • Kontrol berat badan Resiko diabetes gestasional akan meningkat jika berat badan 20% lebih besar dari berat badan ideal.
  • Pemeriksaan. Melakukan glucose screening test  pada usia kehamilan antara minggu ke-24 dan ke-28.

Nah Jika beberapa gejala di atas dialami oleh para ibu hamil, maka  penting bagi bumil untuk melakukan pemeriksaan dan tes darah secara rutin selama kehamilan untuk membantu Anda dan Janin anda menghindari komplikasi-komplikasi yang tidak diinginkan  yang disebabkan oleh Diabetes Gestasional.
Itulah pembahasan tentang Dampak diabetes gestasiol pada bayi dan Tips-tips untuk mencegahnya, semoga bermanfaat !!

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.