Kandungan dan Manfaat daun pepaya

By | January 23, 2017

Manfaat daun pepayaKandungan dan Manfaat daun pepaya bagi kesehatan – Pepaya atau dalam bahasa latin yaitu Carica merupakan salah satu tanaman yang banyak dan mudah sekali kita temui di sekitar kita karena tanaman ini mudah sekali tumbuh apalagi pada musim hujan. Pepaya banyak sekali manfaatnya bagi manusia, mulai dari buahnya yang manis dan juga daunnya yang biasa dikonsumsi masyarakat sebagai lalap makanan. Berdasarkan hasil penelitian pepaya mengandung beberapa senyawa yang bisa bermanfaat bagi kesehatan tubuh diantanya adalah mulai dari Vitamin A, vitamin B, Vitamin C, D dan Juga Vitamin E, kalsium lemak, fosfor, protein dan air. Berikut ini beberapa kandungan dan manfaat yang bisa kita ambil dari daun pepaya bagi kesehatan tubuh kita.

Manfaat daun pepaya sebagai Anti kanker
Berdasarkan hasil penelitian yang didapatkan dari daun pepaya, bahwa daun pepaya memiliki zat pahit yang bisa mencegah kanker datang pada tubuh. Selain itu, daun pepaya bisa direkomendasikan untuk bahan kemoterapi oleh beberapa penderita kanker. Daun pepaya yang terasa pahit cukup ampuh melawan penyakit berbahaya ini sejenis kanker ini.

Manfaat daun pepaya untuk mengatasi nyeri haid
Selain sebagai anti kanker, daun pepaya juga bisa dijadikan alternatif untuk para kaum wanita mengatasi masalah nyeri haid. Haid merupakan bagian menyiksa bagi sebagian kaum perempuan. Sebagian perempuan memiliki siklus haid yang bahkan sanggup menjadikan mereka kesakitan. Salah satu alternatif cara ampuh mengurangi nyeri haid yang menyiksa ini adalah bisa dengan menggunakan air daun pepaya. Caranya adalah siapkan 1 lembar daun pepaya yang kemudian rebus dengan segelas air yang dicampur pula di dalamya asam jawa dan garam. Selanjutnya, minum selagi hangat, maka rasa nyeri haid nantinya akan berkurang.

Manfaat daun pepaya untuk meningkatkan nafsu makan
Meskipun rasanya pahit, namun daun pepaya bisa juga meningkatkan nafsu makan kita. Apabila anda atau anak anda mengalami masalah sulit makan, maka cobalah berikan ramuan daun pepaya yang diberikan sedikit garam dan juga air hangat. Setelah itu campur dan haluskan, lalu ambil bagian sarinya. Ramuan herbal ini aman dikonsumsi baik untuk anak-anak maupun orang dewasa. Nutrisi daun pepaya seperti papain, vitamin dan juga mineral justru meningkatkan nafsu makan sehingga lebih lahap.

Manfaat daun pepaya untuk menyembuhkan demam berdarah
Demam berdarah terbilang penyakit yang sangat mengerikan dengan kemampuan membunuh. Beberapa hasil penelitian mengungkap bahwa ternyata demam berdarah ini bisa diatasi dengan mgnkonsumsi daun pepaya. Daun pepaya yang dikonsumsi dalam bentuk air rebusan dapat meingkatkan trombosit pada penderita demam berdarah. Cara konsumsinya adalah dengan mencampurkan 3 gelas air putih dengan daun pepaya sebanyak 3 lembar, kemudian rebus daun pepaya hingga air rebusan tersisa hanya 1 gelas. Sisanya, tinggal minum saja air rebusan secara berkala dan secara rutin.

Nah, itulah sekilas dari kandungan dan manfaat daun pepaya bagi kesehatan tubuh manusia, sebenarnya masih banyak sekali manfaat daun pepaya lainnya seperti dapat untuk mengatasi cacingan, dapat juga untuk melancarkan ASI, untuk menurunkan berat badan, mengatasi jerawat dan manfaat lainnya. Mudah-mudahan artikel ini bisa bermanfaat bagi pembaca.

Kata kunci pencarian :

daun pepaya daun capo garam obat apakandungan dan manfaat air rebusan daun pepayakandungan dan manfaat daun pepayakandungan pepaya untuk mengatasi nyeri persalinan, , 
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.