Penanganan Luka Bakar

By | November 18, 2013

penanganan luka bakarPenanganan Luka Bakar – Luka bakar merupakan jenis luka yang diakibatkan oleh kerusakan jaringan atau juga kehilangan jaringan yang disebabkan oleh sumber panas, sumber listrik, bahan kimiawi, cahaya, radiasi dan friksi, ataupun suhu dingin yang tinggi. Jenis dari luka dapat beraneka ragam dan memiliki penanganan yang berbeda-beda, dan tergantung pula jenis jaringan yang terkena luka, tingkat keparahan, dan komplikasi yang terjadi akibat luka tersebut. Setiap orang mungkin saja pernah mengalami luka pada kulit seperti luka bakar, baik itu akibat terkena benda panas, sengatan listrik, atau juga mungkin karena terkena bahan kimia keras. Penangan luka bakar tidak sama dengan luka gores ataupun luka lainnya, luka bakar dapat mengakibatkan komplikasi yang serius. Untuk itu penting bagi Anda untuk mengetahui penanganan yang tepat untuk mengatasi luka bakar. Karena jika penanganannya tidak tepat maka akan menimbulkan bekas luka yang tidak diharapkan.

Anda mungkin pernah mendengar penanganan luka bakar dengan pasta gigi? Ternyata penanganan luka bakar pada kulit dengan menggunakan pasta gigi, atau minyak goreng, mentega, ataupun bahan-bahan lain ternyata hal itu keliru dan sama sekali tidak disarankan oleh para dokter. Jadi mulai sekarang jangan gunakan bahan-bahan di atas untuk mengatasi luka bakar anda. Dikutip dari Health kompas.com menurut spesialis bedah plastik Rumah Sakit dr. Cipto Mangunkusumo, penanganan luka bakar pertama yang paling tepat apabila mengalami luka bakar adalah dengan membasuhnya dengan air mengalir selama kurang lebih 20 hingga 30 menit. Air yang digunakan dalam membasuh harus air mengalir, bukan merendamnya,” ujar dokter yang biasa disapa Heni ini dalam pemaparannya di Seminar Burn Congres yang diadakan oleh Divisi Bedah Plastik Departemen Ilmu Bedah RSCM di Jakarta, Beliau juga menambahkan, air yang mengalir dibutuhkan untuk menghilangkan panas dari luka yang terbakar. Dan penggunaan bahan-bahan seperti pasta gigi ataupun mentega justru malah akan mempertahankan panas, sehingga mengakibatkan lebih banyak lagi jaringan yang rusak akibat terkena panas.

Namun jangan berpikir juga hanya dengan menggunakan air es akan lebih cepat menghilangkan panas. Proses pendinginan mendadak dengan menggunakan es akan mengakibatkan masalah lain seperti hipotermia. Maka alangkah baiknya suhu air yang digunakan sebaiknya adalah suhu ruang. Penanganan luka bakar alangkah baiknya ditangani sesegera mungkin, semakin lama tidak diberi pertolongan pertama, maka akan semakin dalam dan luas luka menyebar. apapun penyebab dari luka bakarnya, baik terkena benda panas, api, ataupun juga diakibatkan oleh bahan kimia, segeralah basuh dengan air yang mengalir.

Nah, itulah cara penanganan luka bakar atau disebut juga pertolongan pertama pada luka bakar, setelah melakukan tips diatas alangkah baiknya segera lakukan pengobatan baik secara medis atau juga secara tradisional atau alami salah satunya dengan menggunakan ekstrak teripang, untuk menyembuhkan luka bakar diperlukan bahan yang mengandung banyak kolagen. Kandungan kolagen yang tinggi pada ekstrak teripang sangat efektif dalam penyembuhan luka bakar, untuk lebih jelas silahkan baca klik Obat Luka Bakar

Kata kunci pencarian :

penanganan luka bakarperawatan luka bakaryhs-fullyhosted_003bagaimana cara memberikan pertolongan pada penderita luka terkena benda panasbagaimana cara menangani luka bakar akibat zat kimiacara menangani luka bakar akibat zat kimiacara penanganan luka bakarpenanganan pada luka bakarcara merawat luka bakarcara menangani luka bakarcara perawatan luka bakarlangkah pertama mengobati luka bakarluka bakar, , 
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.