Tips berpuasa saat sakit maag

By | July 4, 2014

puasa saat sakit maagTips berpuasa saat sakit maag– Puasa merupakan terjemahan bahasa Arab yaitu “shoum” yang artinya menahan diri dari sesuatu. Sedangkan pengertian puasa menurut istilah adalah menahan diri dari segala sesuatu yang membatalkan puasa dimulai dari terbit fajar (subuh) sampai terbenam matahari (maghrib). Datangnya bulan puasa merupakan suatu kebahagiaan bagi seluruh umat muslim, akan tetapi  di balik itu bagi penderita sakit maag, datangnya puasa ramadan melahirkan rasa was-was dan kekhawatiran. Hal ini mungkin karena di saat konsentrasi menjalani ibadah puasa, tiba-tiba muncul persoalan dari lambung. Nah, untuk itu simak artikel berikut ini tentang tips berpuasa saat sakit maag.

Sekarang terpikir sebuah pertanyaan apakah boleh penderita sakit maag melaksanakan puasa? Sebelum membahas lebih jauh tentang boleh atau tidaknya penderita sakit maag berpuasa, marilah kita ketahui terlebih dadulu tentang sakit maag. Sakit maag dibagi dua jenis, yaitu maag fungsional dan maag organik. Sakit maag fungsional merupakan sakit maag yang disebabkan oleh pola makan yang tidak teratur, makan-makanan berlemak, pecandu kopi, suka minum-minuman yang bersoda, merokok dan stress. Jenis sakit maag fungsional ini terjadi bukan karena kerusakan di dalam lambung. Beda halnya dengan sakit maag organik yaitu sakit maag yang disebabkan oleh terjadinya kerusakan saluran pencernaan sehingga menyebabkan kerjanya tidak normal dan menyebabkan maag. Kerusakan tersebut seperti tukak lambung, tukak usus duabelas jari, GERD, polip atau kanker di kerongkongan, usus duabelas jari dan lambung.

Berdasarkan dua jenis sakit maag di atas, penderita maag jenis  fungsional justru akan membaik jika menjalani puasa. Hal ini karena pola makan ketika berpuasa menjadi lebih teratur dan mengurangi makanan yang tidak sehat yang menjadi penyebab sakit maag. Jika biasanya ketika tidak puasa sering ngemil makanan seperti keripik, gorengan, makanan berlemak dan makanan pedas serta sering minum kopi, maka ketika berpuasa kebiasaan kurang baik tersebut akan bisa dihindari. Namun beda halnya untuk penderita sakit maag jenis maag organik, dimana terdapat gangguan atau kerusakan pada saluran pencernaan maka penderita sakit maag ini tidak diperbolehkan menjalani puasa. Penderita sakit maag organik yang mengalami perdarahan pada lambung dengan gejala muntah darah atau buang air besar dengan warna hitam yang terjadi berulang-ulang sebaiknya di rawat di rumah sakit. Penderita maag jenis organik ini sebaiknya tidak menjalani puasa untuk sementara waktu sampai dengan sakitnya dinyatakan sembuh.

Bagi penderita sakit maag dan akan melaksanakan puasa berikut ini beberapa Tips berpuasa saat sakit maag tidak mengganggu ibadah puasa anda diantaranya adalah sebagai berikut :

  • Tips yang pertama berbukalah tepat pada waktunya, jangan diundur-undur. Saat berbuka puasa mulailah dengan makanan yang manis secukupnya, ini penting untuk menormalkan kadar gula dalam tubuh.
  • Tips selanjutnya saat berbuka puasa sebaiknya jangan langsung menyantap makanan yang besar (nasi dan lauk pauknya). Sebaiknya, makan besar dilakukan kira-kira satu jam setelah berbuka, agar kadar gula darah dan cairan tubuh kembali ke posisi normal.
  • Selain itu perbanyak konsumsi makanan yang mengandung serat saat sahur, sehingga pengosongan lambung berjalan lebih lambat.
  • Hindari juga makanan yang pedas dan asam.
  • Selain itu hindari juga minuman berkafein seperti kopi, cokelat dan soft drink juga jangan merokok karena akan meningkatkan produksi asam lambung.
  • Jangan langsung tidur setelah sahur untuk menghindari mual.
  • Bila maag sudah sangat berat, bisa diantipasi dengan minum obat sakit maag saat sahur dan berbuka.

Nah, demikian artikel tentang Tips berpuasa saat sakit maag mudah-mudahan bermanfaat bagi pembaca, bagi anda penderita sakit maag segeralah melakukan pengobatan sedini mungkin, salah satunya bisa dengan mengkonsumsi obat-obatan herbal yang dipercaya alami dalam menyembuhkan berbagai penyakit, bagi anda  penderita maag untuk alternatif pengobatannya bisa dengan konsumsi ekstrak teripang laut yaitu jelly gamat Gold-g, hasil penelitian membuktikan bahwa ekstrak teripang sangat efektif dalam menyembuhkan sakit maag secara alami dan cepat dan tanpa efek samping negatif terhadap tubuh, untuk lebih jelas mengenai ekstrak teripang silahkan baca artikel berikut tentang kemampuan ekstrak teripang dalam mengatasi sakit maag, klik obat alami sakit maag

Kata kunci pencarian :

sakit maag saat puasapuasa bagi penderita maagpuasa untuk penderita maag, , 
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.